Apa itu Mikroprosesor?


Pengertian Mikroprosesor

Singkatnya, Mikroprosesor adalah suatu mikrochip yang bekerja sesuai dengan perintah yang telah ditentukan dan membutuhkan masukan berupa data digital.

Mikroprosesor menggabungkan fungsi CPU pada satu sirkuit terpadu atau beberapa sirkuit terpadu. Adalah prosesor yang terdapat pada microchip dan merupakan perangkat serbaguna dan terprogram yang menggunakan data digital sebagai masukan dan memberikan hasil sebagai keluaran setelah memproses masukan sesuai instruksi yang tersimpan dalam ingatannya. 

Mikroprosesor menggunakan logika digital dan beroperasi pada angka dan simbol yang ditunjukkan dalam sistem angka biner. Mereka dirancang untuk melakukan operasi aritmatika dan logika yang memanfaatkan data pada chip. Tujuan mikroprosesor umum di PC digunakan untuk tampilan multimedia, komputasi, pengeditan dan komunikasi teks. 

Aplikasi untuk Mikroprosesor:

Ini Bukan Iklan Loh! Sumber : intel.com

Beberapa contoh benda menggunakan mikroprosesor yaitu komputer (PC), DVD dan VCD player, handpone, perkakas listrik dan instrumen uji, dan EFI, electronic fuel injection yang diterapkan pada mesin-mesin bakar modern. Alat ini dipakai untuk mengoptimalkan pemakaian bahan bakar untuk torsi dan kecepatan maksimum. Bahkan standar pengendalian pencemaran mengharuskan produsen kenadaraan menggunakan sistem manajemen mesin mikroprosesor untuk mengendalikan emisi secara optimal pada berbagai kondisi operasi. 


Baca juga :


Nah, itulah penjelasan singkat tentang mikroprosesor. Penggunaan Mikroprosesor yang kita tahu biasanya tidak jauh dari komputer dan laptop. Tanpa kita sadari, penggunaannya ternyata lebih luas lagi.

Sekian tulisan saya kali ini. Terima kasih telah berkunjung !
~N-O

Komentar