3 Cara Melihat Viewer Web Orang Lain



Kita sering penasaran kan bagaimana website atau blog orang lain bisa ramai? Bahkan terkadang Saya sendiri suka penasaran berapa banyak pemasukan yang bisa didapat oleh web web tersebut.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai bagaimana cara melihat jumlah pengunjung blog atau situs, ada beberapa hal yang perlu diketahui terutama mengenai istilah visitor dan page view, karena saya lihat sendiri masih banyak yang beranggapan keliru mengenai istilah "visitor" dan "page view", bahkan masih ada dari para blogger beranggapan bahwa page view itu adalah pengunjung ke blognya.

Perlu diketahui bahwa kedua istilah tersebut adalah beda, visitor adalah pengunjung blog yang mengunjungi blog anda, sedangkan page view adalah jumlah halaman yang ditampilkan atau dilihat oleh visitor atau pengunjung blog anda baik itu robot atau manusia, pintu masuk pengunjung ke blog anda bisa datang dari berbagai sumber diantaranya bisa dari mesin pencari, bisa dari link yang anda sebar atau dengan mengunjungi url blog anda secara langsung, ketika pengunjung mengunjungi blog anda, boleh jadi pengunjung tersebut melihat beberapa artikel anda, semakin banyak artikel yang dilihat oleh setiap pengunjung blog anda maka page view akan semakin tinggi.

Perbandingan pengunjung blog dengan page view minimal 1 berbanding 1, jika setiap pengunjung blog anda hanya melihat 1 halaman saja di blog anda, maka perbandingan antara pengunjung dengan page view akan 1 berbanding 1, sedangkan jika pengunjung blog anda melihat lebih dari satu artikel blog anda maka page view akan lebih tinggi dari jumlah pengunjung blog anda. artinya jumlah page view yang tinggi belum tentu jumlah pengunjungnya banyak, namun jika jumlah pengunjung blog banyak maka dapat dipastikan jumlah page view bisa semakin tinggi.


Nah setelah saya googling googling, inilah beberapa web yang sering digunakan untuk melihat viewer web orang lain


1. Alexa



Sumber : digitalmarketer
Alexa sendiri memberikan kemudahan dengan menyediakan Extensi atau AddOn pada Chrome dan Firefox. Namun ketepatannya kurang baik dibandingkan mengunjungi web Alexa secara langsung. Dan tentu saja AddOn tersebut tidak gratis, hahaha...


2. SimiliarWeb





Fitur utama adalah tools ini memberi Anda grafik garis dengan nilai-nilai untuk jumlah pengunjung unik setiap hari dan source-nya.
Anda dapat melihat negara-negara yang berasal dari traffic, referensi top website, website yang menjadi tujuan utama (website yang dikunjungi orang setelah milik Anda), display iklan, audience interest, dan sampai 10 kata kunci organik dengan versi gratis.

3. Statshow



Statshow juga banyak digunakan untuk melihat view. Hanya saja kalau liat hasilnya kok jauh sekali dengan Histat dan pageview yang ditunjukkan sedikit sekali bahkan bisa 20 kali lebih dari yang sebenarnya.


Umumnya blog yang berusia di bawah 6 bulan tidak akan ditampilkan datanya karena sistem grafiknya minimal memuat data 6 bulan terakhir dari website.
Sekalipun sudah berumur lebih dari yang disebut di atas, tapi trafiknya sangat minim, anggap saja di bawah 1000 view per bulan, maka Similarweb juga tetap tidak akan menampilkan hasil pengecekannya dan akan muncul tulisan “No enough data”

Itulah 3 Cara melihat viewer web atau blog orang lain. Diharapkan dengan melihat kisaran harga blog sendiri, kita bisa lebih semangat nge-blog.
Semoga bermanfaat... ~ N-O

Komentar