Apa Itu Mikrokontroller

Baca juga :

Pengertian Mikrokontoller

Adalah sebuah chip terintegrasi yang biasanya menjadi bagian dari sebuah embedded system(sistem yang didesain untuk melakukan satu atau lebih fungsi khusus yang real time). Mikrokontroler umumnya terdiri dari CPU (Central Processing Unit), memori, I/O tertentu dan unit pendukung seperti Analog-to-Digital Converter (ADC) yang sudah terintegrasi di dalamnya. 

Mikrokontroler ini bentuknya sangat kecil dan sederhana dan mencakup semua fungsi yang diperlukan pada sebuah chip tunggal. Mereka memiliki fungsi yang sangat sederhana yaitu memudahkan pengoperasian sistem elektromekanik yang banyak ditemukan dalam barang kenyamanan sehari-hari. `

Menikmati popularitas yang sangat besar, Mikrokontroller menjadi favorit di kalangan penggemar dan eksperimental elektronik. Mungkin yang paling banyak dikenal dan digunakan dari perangkat ini termasuk dalam keluarga PIC, diproduksi oleh Microchip Technology, Inc. dari Chandler, Arizona. Semua perangkat dalam keluarga PIC dilengkapi dengan berbagai alat pengembangan, mudah ditemukan, tetap relatif murah, dan memiliki dokumentasi yang bagus.

Aplikasi Mikrokontroller

Sumber : id.wikipedia.org

Dalam beberapa tahun terakhir, mikrokontroler telah menemukan jalan mereka ke dalam barang-barang umum seperti oven, lemari es, pemanggang roti, radio jam, dan sistem pengairan rumput. Mikrokomputer juga umum digunakan di mesin kantor seperti mesin fotokopi, pemindai, mesin faks, dan printer. Mikrokontroller bahkan mampu melakukan fungsi penting di pesawat terbang, pesawat ruang angkasa, kapal laut, sistem pendukung kehidupan, dan bahkan robot. 

Teknologi medis juga menawarkan peran masa depan yang menjanjikan. Contohnya saja, mikrokontroler bisa mengatur operasi jantung buatan, ginjal buatan, atau organ tubuh buatan lainnya hebat bukan ?. Mikrokomputer juga bisa berfungsi dengan perangkat prostetik. Beberapa futuris ilmu kedokteran menyarankan bahwa pasien bisu suatu hari nanti mungkin bisa berbicara dengan suara keras dengan memikirkan kata-kata yang ingin mereka ucapkan, sementara mikrokontroler mengatur produksi sinyal audio untuk menggerakkan amplifier dan loudspeaker.

Baca juga :

Itu saja artikel tentang Mikrokontroller yang bisa saya bahas untuk saat ini. Kalau ada bagian yang tidak dimengerti jangan sungkan untuk bertanya lewat kolom komentar ataupun email. 
Saya akan senang hati menjawab pertanyaan yang diajukan sesuai pemahaman saya (masih banyak belajar juga :D)

Terima kasih. ~N-O

Komentar