Apa Itu Arduino

Apa Itu Arduino ?

Arduino adalah perangkat keras dan perangkat lunak sumber terbuka terkemuka di dunia. Perusahaan menawarkan berbagai perangkat lunak, platform perangkat keras dan dokumentasi yang memungkinkan hampir setiap orang untuk berkreasi dengan teknologi.
Didalamnya terdapat komponen utama yaitu tentu saja sebuah chip mikrokontroler dengan jenis AVR yang diproduksi dari perusahaan Atmel. 

Arduino populer digunakan untuk pengembangan produk IoT sekaligus salah satu alat yang paling berhasil untuk pendidikan STEM / STEAM (science, technology, engineering, and math). Ratusan ribu desainer, insinyur, pelajar, pengembang dan pembuat alat di seluruh dunia menggunakan Arduino untuk berinovasi dalam musik, permainan, mainan, rumah pintar, pertanian, kendaraan otonom, dan banyak lagi.

Karya apa yang bisa dibuat ?

Banyak sekali yang bisa dibuat dari Arduino. Beberapa dianyaranya adalah MP3 player, pengontrol motor, mesin CNC, monitor kelembaban tanah, pengukur jarak, penggerak servo, balon udara, pengontrol suhu, monitor energi, statiun cuaca, pembaca RFID, drum elektronik, GPS logger, monitoring bensin dan masih banyak lagi. 
Bahkan saat ini banyak yang sedang mengembangkan penggunaan alat neurotransmitter sebagai input ! Wah, kedepannya bahkan kita bisa menggerakkan alat elektronik dengan pikiran kita saja. Luar biasa bukan ?

Kenapasih Arduino "Spesial" Banget ?

  1. Arduino itu murah. Untuk harga sebuah board yang originalnya berkisar Rp.150.000 sampai dengan Rp.700.000 tergantung pada jenis boardnya. Harga itu sudah termasuk murah dibandingkan platform lain.
  2. Programming dengan bermacam OS. Untuk kalian yang nggak sanggup beli Windows (Saya juga) tenang saja, karena Arduino IDE (software kodingnya) mensupport OS lain seperti Linux, dan MacOS. Bahkan ada orang yang membuat Arduino IDE pada Android! 
  3. Simple. Arduino IDE memiliki tampilan yang simple dan karena itu mudah dipahami oleh penggunanya. Apalagi sifatnya yang open source memudahkan orang untuk mempelajarinya dengan lebih dalam
  4. Cara Buatnya Diajarin ! Inilah yang membuat saya sangat menyukai Arduino. Mereka berbisnis tidak tamak dan mau untung sendiri. Mereka juga membagikan ilmunya. Di web arduino.cc Pembaca akan berikan skema rangkaian minimum yang dibutuhkan agar dapat membuat board Pembaca sendiri.
Di Indonesia sudah banyak orang yang mempelajari Arduino. Sayangnya karena harga board originalnya mahal, ada yang memalsukan atau membuat "clone" produk tersebut. Walaupun harganya lebih murah (sekitar Rp. 50.000), saya tidak menganjurkan Pembaca membeli Arduino "clone". Saya mengnjurkan Pembaca membeli original atau membuat versi Kita sendiri. Karena dengan membeli yang original kualitas dan daya tahan project kita akan jauh lebih baik. Selain itu, apabila Anda bisa membuat versi Anda sendiri, itu akan jauh meningkatkan skill Anda daripada membeli jadi.

Baca juga :
Sekian info sekilas tentang Arduino. Tunggu project Arduino menarik kami !

Silahkan berkomentar dibawah apabila kurang jelas. Admin akan senang menjawab komentar, tentusaja dengan pemahaman Admin yang juga masih belajar.
Terima kasih telah berkunjung. 

Beberapa link yang berguna untuk mendalami Arduino :


Admin N-O

Referensi : http://hardi-santosa.blog.ugm.ac.id; https://www.arduino.cc/; 

Komentar