Inilah Alasan Baterai Lithium Kamu Cepat Drop


Baterai Lithium sudah banyak digunakan di berbagai macam alat disekitar kita. Untuk kamu yang punya project elektronika, baterai tipe ini sangatlah cocok untuk digunakan. Tapi sebelum kamu gunakan, ada baiknya simaka penjelasan ini agar kamu makin paham dan umur bateraimu bisa bertahan lebih lama...
note : Saya sering memberikan contoh baterai 18650 karena menurut saya paling banyak digunakan.

Inilah Alasan Baterai Lithium Kamu Cepat Habis !

Sebelum mulai, ada baiknya kamu mengerti spesifikasi baterai berikut :
  • Capacity                       (mAh)  = Menunjukkan kapasitas
  • Discharge Current             (A)  = Arus maksimal yang bisa dikeluarkan baterai
  • Charge Current                  (A)  = Arus maksimal untuk charge baterai
  • Cycle Life                                 = Umur pakai baterai
Untuk kali ini saya akan berfokus pada Cycle Life, tapi masih berkaitan dengan poin lainnya.

Apa Itu Cycle Life ?

Cycle life adalah umur pakai baterai yang ditunjukkan oleh proses 1x charge dan 1x proses discharge. Singkatnya, 1 cycle life berarti 1x colok dan 1x cabut charger.

Apa Pengaruh Cycle Life Pada Baterai ?

Makin sedikit cycle life yang tersisa, makin pendek umur suatu baterai. Hal ini juga mempengaruhi kapasitas yang dimiliki baterai.

Misalkan kamu memiliki baterai dengan kapasitas asli 2000mAh. Tapi setelah di cek tinggal 1800mAh, baterai tersebut telah mencapai 90% dari kapasitas aslinya. Penurunan kapasitas ini dipengaruhi oleh cycle life.

Biasanya ketika baterai mencapai 80% dari kapasitas aslinya, baterai tersebut cycle life baterai tersebut telah berakhir (drop).

Lalu Bahaimana Cara Mengetahui Cycle Life Baterai ?

Tidak ada nominal yang pasti dalam menunjukkan cycle life. Tapi biasanya baterai 18650 memiliki sekitar 300 - 500 cycle life, bahkan beberapa produk mengclaim memiliki hingga 1000 cycle life. Tentu saja hal ini tidak pasti, mengingat beberapa hal yang dapat mengurangi cycle life secara abnormal.

Sebab Baterai Berumur Pendek.

  • Menggunakan discharge current secara berlebih. Baterai 18650 hanya mampu memberikan arus sebesar 1,5-2 kali kapasitas yang tertera. Apabila kapasitas baterai 2000mAh jangan pernah menggunakan lebih dari 3A, karena akan membuat umur baterai berkurang.

  • Kepanasan. Panas juga dapat berpengaruh pada baterai. Makin panas, kapasitas baterai makin berkurang. Panas juga dapat mengakibatkan over voltage (contoh : harusnya max 4.2v karena panas menjadi 4,7). Suhu normal baterai berkisar 20-25 celcius. Tapi menurut pengalaman sih 20-35 celcius masih aman kok :D

  • Over Charge. Yang satu ini lumayan sering ditemui. Mencharge baterai litium diatas nilai maximumnya bisa bahaya juga. Sebuah cell baterai lithium dengan rating 3.7v seharusnya di charge dengan voltase yang berkisar 3.7 sampai dengan 4.0 volt. Kalau ingin dipaksakan, jangan melebihi 4.2volt. Ibarat naik motor, harusnya maximal berdua malah dinaiki berlima, bisa tapi gak awet. 

  • Sudah low, masih dipakai. Kadang kala kita terlena, entah tidak tau atau memang sengaja menggunakan baterai bahkan dalam kondisi low. Hal ini jangan sampai terjadi, kebanyakan baterai lithium memiliki "memory effect". Batas pemakaian baterai lithium biasanya tertullis pada kemasan baterai (biasanya sih berkisar 3.7v seperti pada baterai Handphone). Misalkan semula kondisi 100% voltase baterai 4.2v dan pada kemasan tertulis 3.7v. Kalau kamu menggunakan baterai sampai (misal) 3v, maka kondisi 100% baterai bisa berkurang (tidak lagi 4.2v).
Jadi bagaimana cara memperpanjang umur baterai lithium ? Ya sudah pasti jangan lakukan hal hal yang dijelaskan diatas hindari kondisi tersebut.

Yap, Sekian sudah tulisan saya kali ini tentang penyebab baterai lithium cepat drop. Semoga artikel tersebut mudah dipahami, kalau belum paham tanyakan saja di kolom komentar dibawah.
Terima kasih telah berkunjung, silahkan baca artikel kami yang lain.
~NO

Sumber :
http://www.instructables.com/id/How-to-Prolong-the-Life-of-an-18650-Battery/
https://www.rcgroups.com/forums/showthread.php?2120900-How-do-you-know-how-many-amps-an-18650-LiPo-can-safely-discharge
http://www.candlepowerforums.com/vb/showthread.php?330186-Maximum-current-on-non-protected-18650-s
http://www.mpoweruk.com/lithium_failures.htm#lifetime

Komentar